EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA

Penulis

  • Erviani Dinda Mahmudah Sari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Anwar Medika
  • Khurin In Wahyuni STIKes Anwar Medika, Sidoarjo
  • Puspita Raras Anindita STIKes Anwar Medika, Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30649/pst.v2i1.100

Kata Kunci:

Waktu Tunggu, Pelayanan Resep, Rumah Sakit Anwar Medika

Abstrak

Waktu tunggu pelayanan obat jadi adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan menerima obat jadi dengan standar minimal yang ditetapkan kementerian kesehatan adalah ≤ 30 menit, sedangkan waktu tunggu pelayanan obat racikan adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan menerima obat racikan yaitu ≤ 60 menit.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di RS Anwar Medika.Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif cross sectional. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan pencatatan waktu tunggu pelayanan resep dalam formulir pencatatan waktu tunggu pada bulan Febuari 2020. Data yang diambil sebanyak 384 resep pasien rawat jalan yang terdiri dari 346 non racikan dan 38 resep racikan. Pada penelitian ini didapatkan 384 resep yang menjadi sampel penelitian yang terdiri dari 346 resep non racikan dan sebanyak 38 resep racikan. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan resep non racikan adalah 18,7 menit dan waktu dibutuhkan untuk menyelesaikan resep racikan adalah 30,9 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep di Rumah Sakit Anwar Medika telah memenuhi persyaratan sesuai standar pelayanan minimal di rumah sakit.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Erviani Dinda Mahmudah Sari, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Anwar Medika

Departemen Farmasi Komunitas, Program Studi Farmasi, STIKes Anwar Medika, Sidoarjo

Khurin In Wahyuni, STIKes Anwar Medika, Sidoarjo

Departemen Farmasi Komunitas, Program Studi Farmasi, STIKes Anwar Medika, Sidoarjo

Puspita Raras Anindita, STIKes Anwar Medika, Sidoarjo

Departemen Farmasi Komunitas, Program Studi Farmasi, STIKes Anwar Medika, Sidoarjo

Referensi

Ipa A, Pratama R, Hasan ZA, Husniyah H. 2020. Penguatan Kemitraan Dengan Kader Kesehatan Dalam Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Program Kesehatan Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Wilayah Desa Binaan. Media Implementasi Riset Kesehatan. 1(1): 25-8.

Maftuhah, A., Susilo, R. 2016. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Depo Farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon . Jurnal Farmasi. 14(1): 41-2

Anonim. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Satibi, V. M., S. Suwarni, dan Kuswardhani. 2017. Analisis Perbedaan Implementasi Standar Pelayanan Kefarmasian Dengan Potensi Medication Error Di Beberapa Rumah Sakit Kota Semarang. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. 7(3): 125-6.

Anonim. 2008 Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Karuniawati H, Hapsari IG, Arum M, Aurora AT, Wahyono NA. 2016. Evaluasi Pelaksanan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Salatiga. Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi. 4(1): 20-5.

Nurjanah, F., Maramis, F.R.R., Engkeng, S. 2016. Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Dengan Kepuasan Pasien di Apotek Pelengkap Kimia Farma BLU Prof. Dr. R. D di Manado. E-Journal Pharmacon. 5(1): 362–70.

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhilah H, Indriyani DN, Andriati R. 2019. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Tahun 2018. Edu Masda Journal. 3(1): 41-8.

Septini, R. 2012. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan di Yanmasum Farmasi RSPAD Gatot Subroto tahun 2011. Tesis. Universitas Indonesia

Afqary M, Wiyanti D, Firliah I. 2018. Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Racikan Poli Spesialis Anak Pasien BPJS di Rumah Sakit Medika Dramaga Bogor. Farmamedika (Pharmamedika Journal). 3(2):68-72.

Meila O, Pontoan J, Illian DN. 2020. Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS X. Sainstech Farma. 13(1) : 37-9.

Puspita MM, Ulfa AM, Chandra R. 2018. Waktu Tunggu Pelayanan Resep BPJS Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSIA Anugrah Medical Center Metro. Jurnal Farmasi Malahayati. 1(2): 88-95.

Sharif, J.. & Sukeri, S., 2003. Study on Waiting Time at the Paediatric Dental Clinic in Kuala Lumpur Hospital. Journal of Quality Improvment. 7(1)

Tumbelaka N. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Instalasi Farmasi RSUP Prof. DR. R. D Kandou Manado. PHARMACON. 6(4): 234-40.

Puspitasari, A., 2011. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum di Depo Farmasi Rawat Jalan RS. Karya Bhakti Tahun 2011. Tesis. Universitas Indonesia.

Hutapea F, Dewi S. 2019. Evaluasi Peran Apoteker Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kefarmasian Dann Penggunaan Obat Di RS Kartika Husada. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI). 3(2): 102-10.

Sari DT, Astuti H, Susilowati A. 2019. Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Unit Farmasi Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran Bantul Periode November–Desember 2017. Jurnal Kefarmasian Akfarindo. 30: 20-4.

Rusdiana, N., Wijayanti, R. & Wahyuni, S., 2015. Kualitas Pelayanan Farmasi Berdasarkan Waktu Penyelesaian Resep di Rumah Sakit. Jurnal Pharmaciana 5(2):169–76.

Sari, D. 2010. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Diterbitkan

2021-07-02

Cara Mengutip

Sari, E. D. M., Wahyuni, K. I., & Anindita, P. R. (2021). EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA. JOURNAL OF PHARMACY SCIENCE AND TECHNOLOGY, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30649/pst.v2i1.100

Terbitan

Bagian

Articles