PENGARUH PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA

Penulis

  • Rosi Maya Andriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Anwar Medika
  • Khurin In Wahyuni STIKes Rumah Sakit Anwar Medika, Sidoarjo
  • Puspita Raras Anindita STIKes Rumah Sakit Anwar Medika, Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30649/pst.v2i1.102

Kata Kunci:

Hipertensi, Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan, Pengaruh, Rawat Jalan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien hipertensi rawat jalan dan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien hipertensi rawat jalan di Rumah Sakit Anwar Medika. Metode penelitian ini ialah penelitian observasional dengan rancangan penelitian deskripstif menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dimana proses pengambilan data menggunakan kuisioner dan wawancara kepada responden. Untuk kemudahan pengolahan data digunakan bantuan program SPSS version 20. Hasil penelitian didapat 200 responden. Penelitian ini menyimpulkan bahwa responden menyatakan sangat tidak puas 1,2%, responden menyatakan tidak puas 4,8%, responden menyatakan puas 27,9%, responden menyatakan sangat puas 66,2%. Pengaruh tingkat pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien hipertensi yaitu benilai y = 35,869+0,460x.                                                                                                                                                                  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Khurin In Wahyuni, STIKes Rumah Sakit Anwar Medika, Sidoarjo

Bagian Farmasi Komunitas, Program Studi Farmasi, STIKes Rumah Sakit Anwar Medika, Sidoarjo

Puspita Raras Anindita, STIKes Rumah Sakit Anwar Medika, Sidoarjo

Bagian Farmasi Komunitas, Program Studi Farmasi, STIKes Rumah Sakit Anwar Medika, Sidoarjo

Referensi

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2018. Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian Dan Pegembangan Kesehatan.

Corwin, Elizabeth J., 2009. Buku Saku Patofisiologi. Edisi 3. Alih Bahasa. EGC, Jakarta.

Daulay, M. A., 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Dua Puskesmas di Kota Medan. Fakultas Farmasi. Universitas Sumatra Utara.

Dalimartha, Setiawan, 2008. Care Your Self Hipertension. Penebar Plus, Jakarta.

Darmojo, B., 2000. Mengamati Penelitian Epidemilogi Hipertensi di Indonesia. PERKI.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. R&D. CV. ALFABETA, Bandung.

Notoatmodjo, S., 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Rawat, P., Singh, P.K., Kumar, V., 2016. Antihypertensive Medical Plants and Their Mode of Action. Journal of Herbal Medicine. Vol. 6. No. 3: 107-118.

Diterbitkan

2021-07-02

Cara Mengutip

Andriani, R. M., Wahyuni, K. I., & Anindita, P. R. (2021). PENGARUH PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA. JOURNAL OF PHARMACY SCIENCE AND TECHNOLOGY, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.30649/pst.v2i1.102

Terbitan

Bagian

Articles